Kamis, 22 April 2021 16:54

Semarak Bulan Ramadhan 1442 H di Pengadilan Agama Karanganyar

Written by Redaksi
Rate this item
(0 votes)

Memasuki Bulan April 2021, Umat Muslim di seluruh penjuru bumi, khususnya Umat Islam di Negara Indonesia merasa gembira. Pasalnya, pada pekan ketiganya yaitu pada tanggal 13 April 2021, pada hitungan kalender hijriyah telah memasuki Bulan Ramadhan, bulan dimana ditetapkan di dalamnya untuk menjalankan Ibadah puasa.

Begitupun dengan para pegawai di Pengadilan Agama Karanganyar, salah satu instansi yudikatif di wilayah Kabupaten Karanganyar yang seluruh pegawainya beragama Islam merasa gembira dengan datangnya Bulan Ramadhan tahun 1422 Hijriyah ini. Salah satu kegiatan yang dihelat di Pengadilan Agama Karanganyar setiap datang Bulan Ramadhan adalah adanya siraman rohani setiap ba’da sholat dhuhur di tempat sholat berjama’ah (Musholla) al-Ahsan. Oleh ta’mir musholla al-ahsan, jauh-jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadhan telah disusun jadwal pemberi siraman rohani. Pemberi siraman rohani diurutkan dari Ketua Pengadilan Agama Karanganyar, Wakil Ketua, para Hakim dan pegawai yang dianggap mumpuni ilmu agamanya.

Pemberian siraman rohani tersebut bertujuan untuk mengingatkan para jama’ah (para Pegawai) akan keimanan, ketaqwaan mereka. Bahwa siraman rohani itu merupakan dari sisi bathinnya bahwa selayaknya porsi asupan lahir dan asupan bathin itu seimbang dan setimbang

Pelaksanaan siraman rohani tersebut dari Hari Senin sampai dengan hari Kamis berturut-turut minus hari Jum’at. Pada hari Jum’at, acara siraman rohani ditiadakan karena para pegawai menegakkan sholat dhuhurnya diganti dengan sholat jum’at di masjid di luar komplek Pengadian Agama.

Semarak Bulan Ramadhan tahun ini di Pengadilan Agama Karanganyar, selain acara pemberian siraman rohani tiap ba’da sholat dhuhur dari Hari Senin sampai dengan Hari Kamis juga diadakan acara pembacaan Al-Qur’an (tadarus), namun tadarusnya belum diadakan secara bersama-sama, masih berjalan sendiri-sendiri. Dan ini hanya dilakukan secara mandiri alias dibaca sendiri-sendiri. Sekalipun sebenarnya dari pucuk pimpinan PA sudah menginstruksikan kepada semua pegawai dalam satu garis komando bawahnya untuk membaca al-qur’am secara berjama’ah kemudian dilanjut baca al-qur’an.(ma'ul)

Read 11 times Last modified on Minggu, 25 April 2021 03:04

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.