Mekanisme Pengaduan

kotak pengaduan 

Dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik, Pengadilan Agama Karanganyar kadang kala tidak selalu dapat memenuhi harapan masyarakat, khususnya para pencari keadilan. Bila hal ini terjadi, bisa menimbulkan ketidakpuasan dan keluhan dari masyarakat. Keluhan tersebut dapat diajukan ke Pengadilan Agama Karanganyar dan Pengadilan Agama Karanganyar akan berupaya untuk memberikan solusi yang terbaik.

Cara menyampaikan pengaduan ke Pengadilan Agama Karanganyar

A. Secara lisan
  1. Melalui telepon (0271) 495 071 , yakni pada saat jam kerja mulai pukul 08.00 s/d 16.30 WIB
2. Datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Karanganyar.
B. Secara tertulis
  1.

Menyampaikan  surat resmi  yang  ditujukan  kepada  pimpinan  dalam hal  ini  Ketua  Pengadilan  Agama  Karanganyar,  dengan  cara  diantar langsung,  dikirim  melalui  Fax. (0271) 649 9247,  atau  melalui  pos  ke  alamat kantor di Jalan Lawu Timur No.137 KARANGANYAR -  57714. Melalui e-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. dengan subject ditulis 'Pengaduan' atau dengan mengisi formulir di Menu 'Hubungi Kami'.

2. Pengaduan  secara  tertulis  wajib  dilengkapi fotokopi  identitas  dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan.

Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Agama Karanganyar

  1. Pengadilan Agama Karanganyar akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.
  2. Pengadilan Agama Karanganyar akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.
  3. Pengadilan Agama Karanganyar akan memberikan tanda terima pengaduan apabila pengaduan dilakukan di Meja Pengaduan.
  4. Setiap pengaduan yang diterima akan disampaikan kepada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI secara elektronik melalui aplikasi SIWAS MA-RI.

Sumber : (Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan)