Rabu, 25 Agustus 2021 08:34

Sidang Cerai Gugat Virtual

Written by Redaksi
Rate this item
(0 votes)

Karanganyar, 24 Agustus 2021. Untuk pertama kalinya Pengadilan Agama Karanganyar kelas IB melaksanakan proses persidangan secara online dengan Host Zoom dari Pengadilan Agama Karanganyar sendiri. Perkara yang disidangkan adalah perkara Cerai Gugat dengan nomor perkara 0944/Pdt.G/2021/PA.Kra, yang berarti pihak Penggugat beralamat domisili di wilayah Kabupaten Karanganyar dan Tergugat beralamat domisili di Jalan Datuk Syahbandar RT.02/RW.01 Kelurahan Tanjung, Uban Selatan, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan yang merupakan wilayah dari Pengadilan Agama Tanjung Pinang.

Oleh karena Tergugat berdomisili tinggal di wilayah Kabupaten Bintan yang mana merupakan wilayah Hukum dari Pengadilan Tanjung Pinang, maka setelah menerima Perkara nomor tersebut, kepaniteraan Pengadilan Agama Karanganyar dimohonkanlah pemanggilan pihak Tergugat melalui Pengadilan Agama Tanjung Pinang. Dari hasil relass panggilan yang dikirimkan oleh Pengadilan Agama Tanjung Pinang, Tergugat telah menerima relass dan menandatangani relass panggilan.

Kabar akan permohonan untuk mengadakan sidang secara virtual dari Pengadilan Agama Tanjung Pinang baru didapat oleh Pengadilan Agama Karanganyar pada tanggal 23 Agustus 2021 setelah Pihak Tergugat melayangkan permohonan resmi tertulis kepada Pengadilan Agama Tanjung pinang untuk bisa bersidang secara virtual dengan Penggugat yang berperkara di Pengadilan Agama Karanganyar. Kemudian setelah mendapatkan kabar tersebut, secara intens petugas PTSP Pengadilan Agama Karaganyar berkomunikasi dengan Pengadilan Agama Tanjung Pinang. Dan dari Pengadilan Agama Karanganyar selanjutnya mempersiapkan diri untuk keperluan persidangan virtual tersebut.

Dari hasil komunikasi diperoleh kepastian bahwa dari Pengadilan Agama Tanjung Pinang siap untuk melaksanakan sidang virtual pada pukul 14.00 WIB.

Sekalipun agak molor sedikit dari hasil komunikasi terakhir dengan Pengadilan Agama Tanjung Pinang bahwa pihak Tergugat siap berada di ruang sidang pengadilan Agama Tanjung Pinang pada pukul 14.00, namun persidangan baru bisa dimuai dan dibuka oleh Majelis Hakim pada pukul 14.30 WIB. Oleh karena persidangan pada perkara ini merupakan sidang pertama dan kedua belah pihak menghadiri persidangan (walaupun secara virtual), Majelis Hakim menundanya untuk upaya Mediasi. Dan Sidang di akhiri,ditutup oleh Ketua Majelis Hakim.(Red)

Read 62 times Last modified on Rabu, 25 Agustus 2021 08:40

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.