Senin, 20 September 2021 09:45

UJIAN DINAS ELEKTRONIK DI PENGADILAN AGAMA KARANGANYAR KELAS IB

Written by Redaksi
Rate this item
(0 votes)

Karanganyar, 16 September 2021, Pengadilan Agama Karanganyar kelas IB menyelenggarakan Ujian Kedinasan based Computer secara virtual (elektronik). Bertempat di Ruang Kesekretariatan, adalah Pegawai Negeri Sipil atas nama Kartika Rahmasari Dewi, S.H., NIP. 199406022019032020 salah satu PNS dengan jabatan terakhir sebagai Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Karanganyar Kelas IB mengikuti Ujian Dinas Elektronik Penyesuaian Ijazah. Sebagaimana perintah dari Mahkamah Agung yang tertera di Web Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam tautannya https://mahkamahagung.go.id/id/pengumuman/4798/pelaksanaan-ujian-dinas-elektronik-e-exam-pada-mahkamah-agung-ri-tahun-2021-tahap-ketiga.

Yang bersangkutan diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil pada tahun 2019 dengan formasi Analis Perkara Peradilan, kualifikasi pendidikan ijazah S1, padahal yang bersangkutan sudah menyelesaikan pendidikan terakhirnya tingkat Magister (S2) sebelum diterima sebagai CPNS.

Dalam aturan kepegawaian, Pangkat dan golongan sudah ditentukan sesuai dengan kualifikasi pendidikan. Untuk kualifikasi pendidikan S1, pangkat dan golongan yang disandang oleh seseorang yang diterima sebagai CPNS adalah III/a (Penata Muda). Dan akan naik secara otomatis menjadi golongan III/b secara berkala 4 (empat) tahunan. Sedangkan untuk kualifikasi pendidikan Magister atau S2, bila diterima masuk sebagai bagian dari Calon Pegawai Negeri Sipil akan langsung menyandang pangkat/golongan III/b (Penata Muda Tk.I). Namun ada kalanya, seseorang yang sudah menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi terpaksa harus menurunkan grade sesuai kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan dalam seleksi penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil.

Begitu juga dengan Pegawai Negeri Sipil atas nama Kartika Rahmasari Dewi, S.H. yang mengabdi di Pengadilan Agama Karanganyar Kelas IB. adalah salah satu Pegawai Negeri Sipil yang sudah menyelesaikan pendidikannya jenjang magister (S2).

Dengan mengikuti Ujian Dinas Penyesuaian Ijazah dan dinyatakan lulus, maka Pegawai Negeri Sipil tersebut (Kartika Rahmasari Dewi, S.H.) akan diperbolehkan dan diijinkanserta berhak untuk mencantumkan gelar S2 nya dibelakang namanya dan sekaligus naik pangkat golongannya lebih cepat setahun lebih dari kenaikan pangkat golongan normal (berkalanya). Sehingga namanya menjadi Kartika Rahmasari Dewi, S.H., M.H., Pangkat Golongan ruang jabatan III/b, Penata Muda Tk.I. (MMI)

Read 31 times Last modified on Senin, 20 September 2021 09:51

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.